SPC1.1 [TIK] Perkenalan Informatika

 Pertemuan 1 Perkenalan Informatika

Apa yang dibutuhkan perusahaan dari siswa

1. Berkarakter dan memiliki adab yang baik

2. Kemampuan IT dan Komunikasi

3. Kompetensi 

4 Skill yang penting dan banyak dicari sampai 2040

Keahlian apa yang akan didapat siswa setalah mengikuti pembelajaran informatika

  1. Peserta didik dapat membuat laporan (Cover, daftar isi, penghalaman dll)
  2. Peserta didik dapat membuat logo, persentasi, infografis dll menggunakan canva
  3. Peserta didik memiliki rasa percaya diri saat persentasi didepat.
  4. Peserrta didik dapat membuat konten video.
  5. Peserta didik dapat  melakuakn pencarian yang efektif.
  6. Problem Solving (Pemecahan Masalah).
  7. Self Management (Memanage diri untuk terus berkembang dan meningkatkan skill).
  8. Working with people (Kemampuan untuk bisa bekerja sama)
  9. Technologi Adaptation (Bagaimana beradaptasi dengan teknologi saat ini)
  10. Peserta didik dapat mengolah data menggunakan excel.
Nomor NRP siswa kelas X 

Kenalkan diri kamu di link dibawah ini

HASIL Responsive Google Spreadsheet


Mengapa harus belajar informatika ?
  1. Informatika adalah ilmu yang berkaitan dengan data, informasi, dan pengetahuan yang bertujuan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.
  2. Belajar Informatika dimulai sejak dini, bahkan di SMP, untuk membekali siswa dengan pentingnya teknologi komputer guna menunjang produktivitasnya selama belajar di sekolah.
  3. Penguasaan teknologi komputerisasi menjadi salah satu keunggulan bagi lulusan SMK dalam persaingan dunia kerja yang kompetitif.
  4. Informatika membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir komputasional dan pemecahan masalah melalui strategi algoritmik.
  5. Belajar Informatika juga melibatkan pemahaman tentang dampak sosial dari penggunaan teknologi, yang mendorong penggunaan yang bijaksana dan bertanggung jawab.
  6. Siswa diajarkan tentang jaringan komputer dan internet, serta analisis data untuk mengidentifikasi, mengamankan, dan mengakses informasi digital dengan logika yang tepat.
  7. Selain itu, pemahaman tentang hak kekayaan intelektual dan kewargaan digital juga menjadi bagian dari pembelajaran Informatika.
Kesimpulannya, belajar Informatika penting karena membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan teknologi komputer, meningkatkan produktivitas, menghadapi dunia kerja dengan kompeten, dan memahami dampak sosial dari penggunaan teknologi. Informatika juga membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir komputasional dan analisis data untuk menghadapi tantangan masa depan.



Materi Pembelajaran Informatika untuk SMK Kelas 10

Elemen-elemen dalam mata pelajaran Informatika yang disebutkan dalam teks di atas ada 8, yaitu:

Berpikir Komputasional: Belajar untuk memahami strategi algoritmik standar dan penerapan berpikir konvensional pada berbagai bidang untuk menghasilkan solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar.

Teknologi Informasi dan Komunikasi: Memahami dan menguasai penggunaan mesin pencari, aplikasi pengolah kata, angka, presentasi, serta perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Sistem Komputasi: Memahami perangkat keras (hardware) komputer, perangkat lunak (software) komputer, dan mekanisme sistem operasi.

Jaringan Komputer dan Internet: Belajar mengenai jaringan komputer, konfigurasi perangkat jaringan, dan pengoperasian perangkat jaringan.

Analisis Data: Memahami identifikasi informasi digital, keamanan informasi digital, ancaman informasi digital, dan cara mengakses kontrol di lingkungan komputer.

Algoritma dan Pemrograman: Belajar mengenai algoritma dan pemrograman dasar.

Dampak Sosial Informatika: Memahami dampak sosial dari penggunaan Informatika dan kebijakan terkait.

Praktek Lintas Bidang: Menguasai pengetahuan mengenai hak kekayaan intelektual dan kewarganegaraan digital.

Semua elemen tersebut akan dipelajari dalam mata pelajaran Informatika pada tingkat SMK Kelas 10 sesuai dengan kurikulum pusat keunggulan (kurikulum PK).


Membuat Kesepakatan Kelas

Kesepakatan kelas adalah hasil musyawarah peserta didik agar kelas lebih disiplin dan terarah, kesepakatan kelas harus dalam bentuk kalimat positif. karena kalimat positif untuk membangun kesadaran diri (KSE (KESADARAN SOSIAL EMOSIONA))

Langkah kerja :
1. Peserta didik membuat kelompok menjadi 5 / 6 kelompok untuk melakukan kolaborasi dan berinama kelompok menggunakan istilah yg ada berkaitan dengan komputer.
2. Peserta didik duduk melingkar agar bisa melihat teman disekitarnya lalu tunjuk ketua kelompoknya.
3. Peserta didik membuat kesepakatan kelas : 
3.1 Aturan dalam membuat Kesepakatan kelas tidak boleh menggunakan kalimat negatif.

Contoh : 

Dilarang buang sampah sembarangan (-)

Buanglah sampah pada tempatnya (+) 

3.2 Aturan dalam membuat Konsekuensi kelas:

3.2.a. Tidak boleh mengandung bullying fisik maupun verbal.

3.2.b. Tidak boleh ada konsekuensi yang memberatkan. 

3.2.c. Konsekuensi harus mendidik.

4. Hasil kolaborasi dibacakan di depan kelas oleh ketua kelompok dan diminta persetujuan dari kelompok lain.

5. kesepakatan kelas ini akan dibacakan setiap pertemuan dikelas.


MEMBUAT JURNAL HARIAN INFORMATIKA



Sudah pernah Belajar INFORMATIKA coba soal tingkat dasar ini?

Jika belum punya akun kalian bisa daftar dulu agar nilai tersimpan di akun.

Kerjakan quis ini.


Haikal Adli
Haikal Adli Guru Informatika haikaladli.com